Cara Membangun Motivasi Dalam Diri

Ciptakan Sensasi
Ciptakan sesuatu yang dapat "membangunkan" dan membangkitkan gairah saat pagi menjelang. Misalnya, dengan berpikir esok hari akan mendapatkan nilai tertinggi dikampus. Walau kedengarannya agak mustahil bagi saya, tapi sensasi ini kadang memacu semangat untuk belajar lebih baik lagi.
Kembangkan terus tujuan
Jangan pernah terpaku pada satu tujuan yang sederhana. Tujuan hidup yang terlalu sederhana membuat kita tidak memiliki kekuatan lebih. Padahal untuk meraih sesuatu memerlukan tantangan yang lebih besar. Tujuan hidup yang besar akan membangkitkan motivasi dan kekuatan tersendiri dalam hidup.
Tinggalkan teman yang tidak perlu
Jangan ragu untuk meninggalkan teman-teman yang tidak dapat mendorong kita mencapai tujuan. Sebab, siapa pun teman kita, seharusnya mampu membawa pada perubahan yang lebih baik.
Hampiri bayangan ketakutan
Saat kita dibayang-bayangi kecemasan dan ketakutan, jangan melarikan diri dari bayangan tersebut. Datang dan nikmati rasa takut dengan mencoba mengatasinya. Saat berhasil mengatasi rasa takut, saat itu pula kita telah berhasil meningkatkan keyakinan diri bahwa kita mampu mencapai hidup yang lebih baik.
Optimis dan rasa senang
Jangan pernah terbebani dengan tujuan hidup. Coba nikmati hidup dan jalani yang kita tempuh. Jika sejak awal kita suka merasa "tidak suka" rasanya motivasi hidup tidak akan pernah kita miliki.
Teruslah berlatih
Tidak bisa tidak, kita harus berjalan terus bila ingin mendapatkan hasil terbaik. Pada dasarnya tidak ada yang tidak dapat kita raih jika kita terus berusaha.
Ciptakan hasrat
Lihat imbalan dari usaha kita secara jelas. Cara ini memberikan banyak motivasi untuk membuat rencana cepat terwujud. Bayangkan rumah impian yang kita inginkan setiap hari, ini akan memberikan kita dorongan untuk menjadikannya nyata.
Tuliskan rencana
Tuliskan dalam selembar kertas apa yang akan kita lakukan lalu tempelkan pada apa yang sering terlihat oleh kita agar kita senantiasa ingat akan itu.
Ciptakan keseimbangan mental
Sangat sulit untuk menemukan motivasi jika kita berada dalam keadaan tertekan. Hilangkan beberapa perasaan negatif, atau pada akhirnya pilih pekerjaan penting saat dalam mood yang bagus.
Ambil sebuah langkah kecil
Lakukan pengumpulan untuk satu tas besar daun-daun di halaman. Dan dengan segera akan membersihkan halaman. Setiap sebuah langkah kecil yang kita ambil untuk mencapai tujuan akan memberikan motivasi pada kita setiap hari.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar